Penyebab Sariawan Di Lidah Pada Anak

Penyebab Sariawan Di Lidah Pada Anak

Penyebab Sariawan Di Lidah Pada Anak

Sariawan merupakan masalah penyakit mulut yang umum pada bayi dan anak-anak. Meskipun tidak menimbulkan gejala serius, namun mereka membutuhkan pengobatan. Sariawan yang muncul di lidah sendiri umumya disebabkan oleh kuman ragi yang disebut dengan candida. Mulut adalah tempat bersarangnya berbagai macam penyakit melalui apa yang anak anda makan. Mulut dapat mengembangkan infeksi candida yang sebut dengan sariawan.

Penyebab Sariawan Di Lidah Pada Anak

Meskipun tidak berbahaya, namun pertumbuhan sariawan berlebih dimulut bayi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan enggan untuk makan. Ia membutuhkan antibiotik yang dapat membunuh kuman dan mengatasi luka perih pada lidah. Para peneliti mengatakan bahwa setidaknya ada 1 dari 7 anak yang dapat mengembangkan sariawan lidah dibeberapa titik. Hal juga dapat terjadi akibat kebersihan mulut yang buruk dan rawan memiliki serangan sariawan berikutnya.

Jika hal ini terjadi pada bayi, biasanya mereka akan mendapatkan bintik-bintik kuning atau abu, yang menyebabkan mulut terasa sakit dan menyebabkan air liur terus menetes. Sebagai catatan, bunda juga harus mengetahui bahwasanya bayi yang terinfeksi jamur dari mulut mereka dapat menularkannya kepada anda melalui puting susu. Hal ini dapat menyakitkan, menimbulkan kemerahan dan menginfeksi payudara.

Pengobatan apa yang tepat untuk mengobati sariawan?

Pada beberapa anak, sariawan dapat muncul dalam waktu yang singkat tanpa memerlukan pengobatan apapun. Namun sebagian lagi ada yang mengembangkan gejala hingga berminggu-minggu dan melukai lidah buah hati anda.

Jika anda berkonsultasi dengan dokter, ia mungkin akan memberikan anda gel yang mengandung anti-jamur, dengan mengoleskannya kepada lidah anak anda. Obat ini bekerja untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab penyakit. Namun cara mengobati sariawan di lidah pada anak ini, akan membuat buah hati anda untuk lebih sering bersentuhan dengan obat-obatan kimia.

Adapun langkah pencegahan sederhana yang dapat dilakukan agar sariawan tidak muncul lagi ialah dengan membersihkan mainan yang digunakan oleh anak anda. Selain itu, jika anda menggunakan botol susu, pastikan mensterilkannya secara teratur, terutama penggunaan dot.

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *